Minggu kemarin, tiba-tiba kangen masakan ibu yang udah jarang banget dibuat.. Kebetulan juga di hari minggu yang lumayan santai itu aku n tanteku lagi bingung mau masak apa, teringat deh tu si Ayam Goreng Jepara.. hmmm langsung kebayang deh enaknya.. 😉
Akhirnya tanya deh resepnya sama ibu.. ni dia resepnya:

Ayam Goreng Jepara

Bahan:
1 ekor ayam, dipotong-potong
200 gram mentega

Bumbu dihaluskan:
10 butir bawang merah
5 butir kemiri
2 cabe merah
1 ruas jari kunyit
1 sereh, memarkan
1 sdm air asam
1 sdm ketumbar
garam secukupnya

Cara Membuat:
– Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan dengan mentega
– Masukkan ayam, aduk rata dan beri air secukupnya
– Masak sampai ayam matang dan empuk
– Kemudian goreng ayam sampai coklat
*kalau tidak suka digoreng atau ingin mengurangi konsumsi minyak boleh juga dibakar 😉

Ternyata simpel aja tuh resepnya, gampang juga, tapi rasanya gak kalah enak donk.. 🙂

Selamat Mencoba… 😉

o iya, satu tips aja nih.. kalau masak sesuai resep lebih baik dilebihin bumbu-bumbunya, biar lebih kerasa rasanya.. Menurut pengalaman sih, kalau pure ngikut resep biasanya rasanya kurang mantep..
*kemarin juga ngikut resep bener-bener rasanya kurang mantep, gak seenak masakan ibu.. akhirnya kita tambah-tambah lagi deh tu bumbunya… 😀

Advertisements